Akreditasi memiliki makna peningkatan kualitas dari Pendidikan tinggi dan pertangungjawaban kepada Masyarakat. Akreditasi bukan hanya Tindakan tetapi merupakan kebiasaan. Untuk mendapatkan peringkat akreditasi baik, peningkatan kualitas pada semua unit kerja harus dibudayakan. Keberhasilan akreditasi ditandai dengan tumbuhnya budaya mutu pada program studi maupun perguruan tinggi. Universitas BSI sebagai salah satu perguruan tinggi yang dikenal masyarakat menargetkan akreditasi unggul melalui pelaksanaan tata kelola Univeritas dan kualitas dalam pembelajaran yang lebih baik lagi kedepannya.

Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kualitas dan mutu Perguruan Tinggi dan persiapan menuju akreditasi unggul, Universitas BSI menyelenggarakan Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) & Penyusunan Dokumen Akreditasi secara hybrid pada hari Rabu tanggal 11 Oktober 2023 bertempat di Aula Gedung Rektorat Universitas BSI untuk peserta yang mengikuti kegiatan secara luring dan Zoom Meeting untuk peserta yang mengikuti kegiatan secara daring. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Rektorat Universitas BSI bekerjasama dengan Badan Penjaminan Mutu & Akreditasi (BPMA).

Sebagai pembuka kegiatan, Ibu Diah Puspitasari, M.Kom selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik menyampaikan ucapan syukur atas keterlaksanaan kegiatan ini secara luring dan daring.

“Kegiatan ini menjadi sangat penting karena merupakan 2 poin yang menjadi ruh dalam akreditasi. Apalah artinya jika penjaminan mutu tidak berjalan dengan baik. Mari bertumbuh bersama dan berkolaborasi, agar Universitas BSI sampai pada pencapaian ungguls.”

Sebagai narasumber pertama Bapak Prof. Dr. Ir. Mochamad Wahyudi, M.Kom, MM, M.Pd, IPU, ASEAN Eng dari Dewan Eksekutif LAM INFOKOM bidang sistem informasi menyampaikan materi mengenai Standar Pendidikan Tinggi, Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, Kerangka Berpikir Instrumen Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri, dan Struktur Instrumen Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri.

Narasumber kedua Ibu Lita Sari Marita, M.Kom yang menyampaikan mengenai Dokumen SPMI meliputi Dokumen Kebijakan SPMI, Manual Standar SPMI, Standar SPMI, SOP, dan Formulir SPMI yang ditetapkan di Universitas BSI. Sesi tanya jawab dilaksanakan setelah selesai pemaparan materi dari narasumber.

Kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar. Peserta yang terdiri dari Jajaran Rektorat, Biro, Perwakilan Unit Kerja, Ketua Program Studi, dan Staff BPMA mengikuti acara dengan semangat dan antusias. Harapan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai pencapaian mutu Universitas BSI agar dapat meraih akreditasi Unggul. (HLR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

46 views