Pada tanggal 17-18 Oktober 2023, Program Studi Sistem Informasi (D3) di Universitas BSI telah sukses menjalani audit mutu internal yang mengulas sejumlah aspek vital, termasuk standar kompetensi lulusan, standar isi pembelajaran, standar proses pembelajaran, dan standar penilaian pembelajaran. Audit ini merupakan salah satu tahap penting dalam upaya program studi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa. Bertugas sebagai auditor yakni Candra Agustina, M.Kom dan Dede Firmansyah Saefudin, M.Kom, turut hadir pula Ketua Program Studi Informasi (D3) Sriyadi, M.Kom beserta staf sebagai auditee.

Standar kompetensi lulusan adalah pondasi utama dari setiap program pendidikan. Audit ini fokus pada penilaian apakah program studi telah berhasil mencapai standar kompetensi lulusan yang telah ditetapkan. Tim auditor melihat bagaimana kurikulum, pembelajaran, dan pengalaman mahasiswa berkontribusi pada pencapaian kompetensi yang diharapkan.

Kualitas isi pembelajaran adalah kunci dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan di dunia nyata. Audit mutu internal ini melibatkan evaluasi mendalam terhadap kurikulum program studi, materi ajar, serta pembaruan yang telah dilakukan untuk mengikuti perkembangan terkini dalam bidang sistem informasi.

Proses pembelajaran yang efisien adalah kunci keberhasilan dalam memberikan pendidikan berkualitas. Audit ini memeriksa bagaimana program studi mengelola waktu, sumber daya, dan interaksi dosen-mahasiswa untuk mencapai hasil yang optimal. Dalam era teknologi, efisiensi proses pembelajaran juga termasuk integrasi teknologi dalam pengajaran.

Penilaian yang baik adalah langkah penting dalam mengukur pencapaian mahasiswa. Audit mutu internal ini juga meninjau standar penilaian pembelajaran yang digunakan oleh program studi, termasuk jenis evaluasi, kriteria penilaian, dan kejelasan dalam memberikan umpan balik kepada mahasiswa.

Ketua Program Studi Sistem Informasi (D3), Sriyadi, menyatakan, “Kami sangat bangga dengan pelaksanaan audit mutu internal ini. Ini adalah dorongan besar bagi kami untuk terus berinovasi dan memberikan pendidikan terbaik kepada mahasiswa kami. Kami selalu berusaha untuk memenuhi dan bahkan melampaui standar kompetensi lulusan, isi pembelajaran, proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.”

Sebagai salah satu program studi yang terdepan dalam bidang sistem informasi, Program Studi Sistem Informasi (D3) di Universitas BSI siap untuk menghadapi masa depan yang cerah. Semua pihak yang terlibat, dari dosen hingga mahasiswa, berharap bahwa hasil audit ini akan menjadi pendorong untuk mencapai prestasi yang lebih baik di masa mendatang. (AKF)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

172 views