Evaluasi pencapaian standar mutu dilaksanakan oleh Badan Penjaminan Mutu dan Akreditasi (BPMA) Universitas Bina Sarana Informatika melalui kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) setiap tahun akademik. AMI Siklus V pada Program Studi Administrasi Bisnis dilaksanakan pada tanggal 18-19 Oktober 2023 yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Video Conferences. Standar yang diaudit terdiri dari 4 (empat) standar dalam SPMI yaitu Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi Pembelajaran, Standar Proses Pembelajaran, dan Standar Penilaian Pembelajaran melalui sistem informasi AMI pada laman http://spmi.bsi.ac.id/.

Bertindak sebagai auditee yaitu Fera Nelfianti selaku Kepala Program Studi Administrasi Bisnis. Adapun auditor yang telah ditugaska oleh Rektor Universitas Bina Sarana Informatika berjumlah 2 (dua) orang yaitu Warjiyono dan Eka Dyah Setyaningsih.

Daftar checklist pertanyaan audit dipersiapkan oleh tim auditor untuk diberikan kepada auditee, dan auditor mencatat hasil audit berdasarkan tanya jawab dan bukti dokumen pendukung yang ditunjukkan oleh auditee. “Selain menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang baru, pada siklus ini kami juga mengkonfirmasi kembali kepada auditee atas temuan pada siklus sebelumnya apakah telah ditindaklanjuti atau belum,” ungkap Warjiyono. Temuan audit telah dicatat dan diberikan rekomendasi tindak lanjut untuk perbaikan dan peningkatan standar berdasarkan kesepakatan auditor dan auditee. Laporan AMI disusun oleh tim auditor untuk selanjutnya dilaporkan kepada Kepala BPMA dan Rektor. “Rangkaian kegiatan audit berjalan dengan lancar meskipun via daring. Kami berharap kegiatan ini bersifat kontinyuitas setiap periode dan untuk program studi lainnya”, pungkas Fera. (LAU)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

182 views