Badan Penjaminan Mutu & Akreditasi (BPMA) Universitas BSI rutin menyelenggarakan Audit Mutu Internal (AMI) setiap tahun pada tingkat program studi dan unit kerja, pada siklus ke 5 kali ini tingkat Fakultas dan Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) menjadi objek AMI. PSDKU Kabupaten Karawang perdana dilakukan audit pada tanggal 4-5 Oktober 2023 yang diselenggarakan melalui daring oleh Agus Priadi dan Ari Puspita. Standar SPMI yang diaudit yaitu Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran, Standar Pengelolaan Pembelajaran, serta Standar Pembiayaan Pembelajaran. Selain itu, laporan kinerja tahun 2022-2023 dari Hasan Basri sebagai Kepala Kampus pun diaudit oleh para auditor.

“Meskipun ini kali pertama PSDKU Kabupaten Karawang diaudit, kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada BPMA karena melalui AMI, PSDKU sebagai unit pengelola program studi menjadi salah satu tolak ukur pencapaian mutu kami dalam mencapai target-target pada Renstra Renop yang kami miliki,” ungkap Hasan.

Hadir pula Kaprodi Sistem Informasi yaitu Abdussomad dan Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi yaitu Dede Firmansyah mendampingi Hasan sebagai auditee. Unit terkait lainnya pun turut membantu diantaranya BAKU dan tim bidang Pengolahan Data dalam menjawab pertanyaan auditor terkait bidang pekerjaan masing-masing.

Laporan kinerja yang disampaikan oleh auditee dikelompokkan dalam 8 (delapan) bidang yaitu kelembagaan, kemahasiswaan, sumber daya manusia, keuangan & sarana prasarana, Pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan inovasi.

“Berdasarkan hasil AMI, PSDKU Karawang telah melengkapi dokumen-dokumen yang perlu dicek. Masih ada beberapa temuan observasi, sehingga auditee perlu segera melengkapi bukti-bukti yang masih kurang. Semoga PSDKU Kabupaten Karawang semakin konsisten dalam meningkatkan mutu program studinya,” tanggap Agus.

Kegiatan ditutup dengan penyampaian hasil audit lapangan dan rekomendasi dari auditor kepada auditee serta dokumentasi oleh Lilyani Asri Utami sebagai PIC. (LAU)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

115 views