Universitas Bina Sarana Informatika berkomitmen melakukan Audit Mutu Internal secara berkala dan berkelanjutan untuk memonitoring dan mengevaluasi kinerja yang telah dilakukan oleh Unit Pengelola Program Studi (UPPS). PSDKU Kota Yogyakarta adalah UPPS yang ada pada Universitas BSI, mengelola Program Studi Perhotelan (D3) dan Sistem Informasi (D3). Dilaksanakan secara daring pada tanggal 04-05 Oktober 2023 , pukul 09.00 WIB– selesai. Tujuan kegiatan ini untuk mengevaluasi dan memverifikasi Laporan Kinerja UPPS dengan kesesuaian pada Renstra/Renop dan 4 standar yaitu Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pembiayaan dan Standar Pengelolaan. Bertindak sebagai Auditee Erlangga Brahmanto, SE, MM didampingi Vadlya Maarif, M.Kom selaku Kepala Kampus Periode selanjutnya serta  para Ketua Program Studi yang ada di PSDKU Kota Yogyakarta sedangkan tim Auditor Mutu Internal dihadiri oleh Elly Mufida,M.Kom dan Dr. Taufik Baidawi, M.Kom.

Menurut Elly Mufida selaku auditor, Konfirmasi terkait Laporan Kinerja (Renstra/Renop) dirasa perlu dilaksanakan karena perlu dipastikan apakah program kerja yang ada sudah tercapai atau bahkan melampaui atau ada yang belum tercapai dan perlu diketahui penyebabnya.

“ Dari hasil asesmen lapangan terhadap Program Kerja PSDKU Kota Yogyakarta, sebagian besar program kerja terlah tercapai bahkan ada dua program kerja yang terlampaui. Namun begitu masih ada beberapa program kerja yang belum tercapai. Ketidak tercapaian tersebut lebih disebabkan masih adanya komunikasi yang kurang baik dengan unit kerja terkait. Dengan memperbaiki SOP, diharapkan pada periode berikutnya semua program kerja dapat tercapai, bahkan hingga melampaui”, sarannya.

Perlu adanya koordinasi antara Program Studi dan Kepala UPPS dalam hal ini Kepala Kampus agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan memenuhi standar yang telah ditentukan pemerintah

Manfaat AMI dirasakan langsung oleh Erlangga Brahmanto selaku Kepala Kampus di periode 2022/2023 dengan adanya temuan PSDKU mendapat masukan dan rekomendasi yang sangat dibutuhkan,

“Di dalam audit ini masih ada temuan, masukan atau rekomendasi dari auditor terkait dengan kekurangan dokumen dan tugas dari auditee untuk menindak lanjuti masukan, rekomendasi maupun melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Saran auditee agar pelaksanaan audit ini dijalankan secara berkesinambungan agar tercipta sistem penjaminan mutu yg lebih baik lagi”, ungkapnya. (ATS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

93 views