Badan Penjaminan Mutu & Akreditasi (BPMA) sebagai Badan yang menyelenggarakan penjaminan mutu internal di Universitas Bina Sarana Informatika secara rutin melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) untuk seluruh jajaran unit kerja di Universitas Bina Sarana Informatika setiap tahun. Kegiatan yang sudah memasuki siklus ke 5 (lima) ini diselenggarakan mulai bulan Agustus hingga Oktober. Salah satu unit kerja yang mengikuti kegiatan AMI ini adalah Rektorat Universitas Bina Sarana Informatika yang diwakili oleh Rektor, Wakil Rektor I Bidang Akademik, dan Wakil Rektor II Bidang Non Akademik untuk memastikan pelaksanaan kegiatan tata kelola di tingkat Rektorat sesuai prosedur dan standar yang telah ditetapkan.

Auditor yang bertugas pada kegiatan ini adalah Ibu Lita Sari Marita, M.Kom selaku Ketua Auditor dan Ibu Suparni, M.Kom selaku Anggota Auditor. Kegiatan dilaksanakan secara luring bertempat di Gedung Rektorat Universitas Bina Sarana Informatika Jalan Kramat Raya No 98, Jakarta Pusat pada hari Senin tanggal 11 September 2023. Hadir sebagai auditee Rektor Universitas Bina Sarana Informatika Bapak Dr. Ir. Mochamad Wahyudi, M.Kom, MM, M.Pd, IPU, ASEAN.Eng dan Wakil Rektor I Bidang Akademik Ibu Diah Puspitasari, M.Kom beserta staf.

Standar yang menjadi instrumen AMI tingkat rektorat adalah 2 (dua) Standar Tambahan, yaitu Standar Visi Misi dan Standar Tata Pamong. AMI dilaksanakan dengan menggunakan Sistem Informasi Audit Mutu Internal (SIAMI) yang disiapkan khusus untuk memfasilitasi kegiatan AMI.

Warek 1 Bidang Akademik berpednapat bahwa “Audit Mutu Internal (AMI) Standar Tata Pamong ini memberikan informasi yang memotret tata kelola dengan lebih jelas, yang harus menjadi tantangan untuk perbaikan selanjutnya”

Kegiatan AMI berlangsung dengan tertib dan lancar. Peningkatan dari kegiatan AMI sebelumnya mencakup rencana pemutakhiran dokumen manajemen dan penyiapan sistem informasi untuk memastikan keteraksesan dokumen dengan mudah bagi pemangku kepentingan.

Sebagai penutup Ibu Diah Puspitasari, M.Kom juga menyampaikan “pelaksanaan AMI ini merupakan kegiatan yang sangat penting dan bermanfaat. Adanya dukungan Sistem Informasi  Audit Mutu Internal (SIAMI) mempermudah Audit  untuk mempersiapkan data dan dokumen yang diminta dalam proses audit dan memperoleh hasil penilaian Auditor dengan lebih cepat”. (AKF)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

92 views