Memasuki siklus ke-5, BPMA telah berhasil melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) untuk Program Studi Perhotelan Kampus Kota Yogyakarta. AMI diselenggarakan selama 2 hari, mulai tanggal 30 hingga 31 Agustus 2022. “Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan dan Surat Tugas dari Rektor, saya ditugaskan mengaudit Prodi Perhotelan Yogyakarta secara daring,” ungkap Wahyutama. Selain Wahyutama Fitri Hidayat, Verry Riyanto ditugaskan menjadi Auditor untuk prodi tersebut. AMI yang dilaksanakan dengan area audit Program Studi, maka standar yang diaudit adalah empat standar Pendidikan (Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi Pembelajaran, Standar Proses Pembelajaran, DAN Standar Penilaian Pembelajaran) dengan Emmita Hari Devi Putri sebagai Auditee-nya.

Berbeda dari siklus sebelumnya, di AMI Siklus 5 ini proses audit mulai menggunakan sistem informasi audit mutu internal (SI-AMI). “Dengan menggunakan sisfo AMI, kami sebagai Auditor menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam mengaudit”, komentar Verry. Sedangkan dari sisi auditee juga lebih mudah dalam menunjukkan dokumen terkait standar masing-masing, demikian imbuh Emmita. Dalam pelaksanaan audit, Auditor mengkonfirmasi ketidaksesuaian yang ditemukan di siklus audit sebelumnya dan memberikan pertanyaan tambahan yang dinyatakan di setiap standarnya.

Di akhir kegiatan, Auditee menyampaikan manfaat audit ini untuk prodinya. “Dengan adanya AMI Prodi, kami bisa mengetahui kekurangan dan ketidaksesuaian yang ditemukan di Prodi sehingga dapat diperbaiki di siklus berikutnya.” demikian tutup Emmita. (WMT)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

138 views