Universitas Bina Sarana Informatika menghadiri surveilen banding keberatan hasil akreditasi atas Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Tegal yang dilaksanakan melalui video conference dengan media aplikasi daring “Zoom Meet” pada hari Jum’at, 24 Juli 2020 sesuai jadwal yang sudah diagendakan oleh BAN PT. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Rektorat, Kepala Biro, BPMA, Ketua Program Studi dan Tim Task Force pengerjaan borang program studi Sistem Informasi Kampus Kota Tegal Universitas Bina Sarana Informatika.

Sesuai dengan undangan surveilen banding secara daring yang dikirimkan BAN PT, kegiatan dimulai pukul 09:00 melalui zoom meeting virtual. Kegiatan dibuka oleh Bambang Suryoatmodjo, Ph.D selaku anggota Majelis Akreditasi BAN-PT dan dilanjutkan dengan pengenalan asesor sesuai surat tugas yang disampaikan BAN PT untuk melaksanakan Surveilen Banding (Keberatan atas Hasil Akreditasi) program studi Sistem Informasi pada program Diploma III Kampus Kota Tegal yaitu, Ibu Nana Ramadijanti, S.Kom, M.Kom dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Bapak Drs. Eddy Edwin, S.Kom, M.Kom dari Politeknik Negeri Jakarta.

Evaluasi butir-butir keberatan atas hasil akreditasi program studi Sistem Informasi Kampus Kota Tegal dilakukan oleh asesor dengan membahas masing-masing point dengan melihat rincian permasalahan yang diamati dan langsung dikonfirmasi kepada Ketua Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Tegal Bapak Warjiono, M.Kom sehingga data dan fakta temuan di lapangan oleh asesor langsung dimasukkan ke dalam berita acara asesmen lapangan surveilen secara daring dan masing-masing pihak langsung diminta persetujuan atas apa yang tertulis dari berita acara. Kegiatan Asesmen Lapangan Surveilen secara Daring berjalan lancar dan selesai lebih cepat dari waktu yang diagendakan. Tahap selanjutnya adalah pengiriman berita acara dari pihak BAN-PT kepada pihak UBSI untuk ditanda tangani.

Bambang Suryoatmodjo, Ph.D selaku anggota Majelis BAN-PT mengatakan bahwa asesor bekerja secara objektif hanya pada 4 poin yang diajukan banding. Nilai dari hasil kegiatan surveilen banding ini akan digabung dengan nilai asesmen lapangan butir lain yang telah divisitasi sebelumnya. Hasil dari kegiatan ini akan diumumkan oleh Dewan Eksekutif BAN PT. Jika setelah hasil surveilen banding ini diumumkan ada perubahan peringkat, maka surat keputusan akreditasi yang lama akan dicabut. Tetapi jika tidak ada perubahan peringkat maka tidak ada perubahan surat keputusan akreditasi.

Rektor Universitas Bina Sarana Informatika, Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada BAN PT dan asesor karena sudah diberikan kesempatan untuk melakukan surveilen banding. Ini adalah permohonan surveilen banding pertama sejak Universitas Bina Sarana Informatika berdiri. Permohonan banding ini diajukan oleh Universitas Bina Sarana Informatika setelah 3 program studi di PSDKU Kota Tegal sudah melakukan akreditasi dengan hasil B untuk 2 program studi, namun ada 1 program studi yang hasilnya kurang sesuai. Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, M.Pd berharap hasil kegiatan ini sesuai dengan harapan. (admin)