Selasa, 25 Februari 2020 Badan Penjaminan Mutu & Akreditasi (BPMA) Universitas Bina Sarana Informatika melakukan kunjungan ke Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Hasanuddin di Makasar. Dalam kunjungan tim BPMA UBSI ingin mengetahui bagaimana implementasi SPMI dan Standar yang diterapkan di UNHAS.

Pukul 09.30 WITA rombongan BPMA yang dipimpin oleh Bapak Suparman HL, S.Sos, M.Si diterima oleh Bapak Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc selaku Ketua LPMPP Universitas Hasanuddin. Selain itu hadir pula jajaran pimpinan UNHAS anatara lain Bapak Prof. Dr.Ir. Abdul Haris, M.Si (Ka.GPM FKIP), Ibu Dr. Drg. Andi Sumidarti, M.Kes (Ka. GPM Sekolah Pascasarjana), Bapak Dr. Yusring Sanusi B,S.S, M. App.Ling (Kapus media pembelajaran, Sumber-sumber Belajar dan E-learning ), Bapak Prof. Dr.Ir. Musrizal Muin, M.Sc (Kapus Penjaminan Mutu Internal), Bapak Dr. Muhammad Hasyim, M.Si (Ka. GPM FIB), dan Bapak Rahmat Mulya, SE (Kabag. TU LPMPP).

Dalam kunjungan ini diawali dengan pemaparan singkat tentang penerapan SPMI di UNHAS oleh Bapak Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mengenai penerapan SPMI serta kendala-kendala yang dihadapi, tidak lupa juga para Ka. GPM Fakultas membagikan pengalamannya dalam menerapkan SPMI di Fakultas masing-masing. Kemudian Bapak Prof. Dr.Ir. Musrizal Muin, M.Sc juga menjelaskan instrumen evaluasi yang ada di UNHAS yang sudah menggunakan sistem informasi yaitu Sistem informasi Borang Audit, selain itu UNHAS juga mempunya sistem informasi pembelajaran dengan nama Sistem Kelola Pembelajaran (SIKOLA). Diskusi ditutup dengan pertukaran cinderamata anatara UBSI dan UNHAS. Setelah pemeparan dan sesi tanya jawab, tim BPMA UBSI juga berkesempatan untuk mengunjungi Kantor Kapus Penjaminan Mutu Internal untuk melihat dokumen SPMI yang dimiliki oleh UNHAS.

Dari kunjungan tersebut kami mendapatkan banyak masukkan dan pengetahuan yang sangat berguna bagi pengembangan sistem penjaminan mutu di Universitas Bina Sarana Informatika. Terima kasih sebesar-besarnya kami ucapkan kepada LPMPP UNHAS yang telah menerima kunjungan rombongan BPMA UBSI serta berkenan membagi ilmu-ilmunya kepada kami. (SPN)