Jakarta – Kepala Badan Penjaminan Mutu dan Akreditasi Bina Sarana Informatika, Bapak Suparman dalam sambutannya mengatakan Universitas Bina Sarana Informatika melalui Badan Penjaminan Mutu dan Akreditasi (BPMA) mengadakan pelatihan Calon Auditor AMI Berbasis SPMI dengan tujuan agar UBSI memiliki banyak auditor yang handal dan kompeten sehingga nanti bisa menentukan kesesuaian atau ketidak sesuaian unsur-unsur sistem mutu dengan syarat-syarat yang ditetapkan dan mampu menentukan keefektifan pencapaian dari tujuan mutu yang telah ditetapkan, sehingga dapat menjangkau Kampus-kampus PSDKU seperti di Bogor, Karawang, Sukabumi, Tasikmalaya, Tegal, Solo, Purwokerto, Yogyakarta dan Pontianak. Dan tidak hanya mengaudit program studi di kampus utama yaitu Jakarta, Bekasi dan Tengerang.

Untuk mewujudkan hal tersebut telah dilaksanakan Pelatihan Calon Auditor Audit Mutu Internal (AMI) Berbasis Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Bina Sarana Informatika di Gedung Rektorat, Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kramat 98. Ruang 308 selama dua hari, Jumat-Sabtu, 07-08 Februari 2020.  Dengan narasumber Bapak Dr. Ir. Hisar Sirait, M.A selaku Ketua Tim Pakar Mutu LLDikti Wilayah 3 Jakarta, kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh peserta calon auditor yang merupakan Dekan, Kaprodi, Staf Prodi, dan Tim Bagian di lingkungan Universitas Bina Sarana Informatika.

Narasumber Hisar Sirait memaparkan proses proses audit mutu internal secara detail dan menekankan bahwa Audit Mutu bukanlah asesmen/penilaian melainkan pencocokan Kesesuaian antara pelaksanaan dengan perencanaan suatu kegiatan/program, jadi AMI Dijalankan Bukan Untuk Mencari Kesalahan Tetapi Mendorong Taat Azas Dan Tertib. Audit dokumen dilaksanakan pada hari pertama dan hari kedua dilanjutkan dengan audit lapangan dilanjutkan dengan penyusunan laporan laporan yang dibutuhkan. Guna menghasilkan tenaga auditor internal sistem manajemen mutu yang berkompeten serta berkomitmen terhadap manajemen mutu di lingkungan Universitas Bina Sarana Informatika seluruh rangkaian kegiatan kali ini disimak dan dilaksanakan dengan baik oleh seluruh peserta sebagai calon auditor.

Dengan penyampaian yang sangat terinici diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan mengenai audit internal serta melatih peserta untuk dapat melaksanakan kegiatan audit internal. (ATS/BPMA)