Audit Mutu Internal PSDKU Pontianak yang telah sukses diselenggarakan secara daring tanggal 23-24 Oktober 2023, dan sekaligus bertepatan dengan Hari Jadi Pontianak ke-252.  Secara umum, mulai siklus 5 tahun 2023 Audit untuk PSDKU ini merupakan kali pertama diagendakan oleh BPMA (Badan Penjaminan Mutu dan Akreditasi). Hal tersebut merupakan suatu langkah maju untuk Universitas BSI dengan menjadwalkan audit laporan kinerja baik di tingkat UPPS maupun tingkat Program Studi. Sebelumnya, audit kinerja hanya dilaksanakan untuk setiap Unit Kerja di lingkungan Universitas BSI.

Nuzualiarini Nuris dan Suparni ditugaskan oleh Rektor Universitas BSI menjadi Auditor. Keduanya ditugaskan untuk mengaudit Laporan Kinerja PSDKU Pontianak dan 4 Standar Nasional Pendidikan (Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarpras Pembelajaran, Standar Pengelolaan Pembelajaran, dan Standar Pembiayaan Pembelajaran).

Selama proses audit, Eri Bayu Pratama selaku Kepala Kampus Pontianak dan juga sekaligus Auditee, dibantu beberapa Kaprodi yang berada di bawah PSDKU Pontianak, yakni Lisnawanty, Muhammad Sony Maulana, dan Raja Sabaruddin. Selain itu, beberapa bagian terkait dengan Standar, seperti BAKU, BAAK, Tim Bangdos, Tim Riset juga turut hadir dan memberikan jawaban serta mengunggah dokumen yang diminta Auditor melalui sistem informasi audit mutu internal.

Di akhir sesi, Auditor memberikan rekomendasi di setiap butir pertanyaan dan kemudian Auditee memberikan rencana perbaikan dan peningkatan serta jadwal penyelesaian. Aktivitas tersebut diinput dalam sisfo audit mutu internal. Rencana perbaikan dan rekomendasi yang telah ditulis oleh masing-masing pihak tersebut selanjutnya akan diajukan dalam Rapat Tinjauan Manajemen, demikian tutup Suparni. (WMT)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

239 views