Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) di lingkungan Universitas Bina Sarana Informatika telah diagendakan secara rutin guna meningkatkan mutu baik ditingkat program studi maupun unit kerja. Saat ini kegiatan AMI sudah memasuki siklus III, BPMA menugaskan auditornya yaitu Agus Priadi dan Abdussomad untuk melakukan audit prodi Sistem Informasi Akuntansi pada tanggal 8, 9 dan 10 Desember 202 1 secara virtual dengan auditee Adi Supriyatna selaku Kaprodi SIA.

Ada 8 (delapan) standar yang perlu dikonfirmasikan kepada auditee diantaranya, Standar Kompetensi Lulusan, Isi Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, Dosen dan Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana Pembelajaran, Pembiayaan Pembelajaran dan Pengelolaan Pembelajaran.

Agus menjelaskan bahwa kegiatan AMI bukanlah untuk mencari kesalahan, melainkan untuk mengetahui kualitas prodi dan membantu prodi dalam melakukan pencapaian. Abdussomad menambahkan,”auditee cukup menunjukkan bukti dan menjawab keterlaksanaan butir standar yang dikonfirmasikan”, tandas Abdussomad.

Terdapat temuan selama kegiatan audit yang dicatat kedalam Permintaan Tindakan Koreksi (PTK), namun juga terdapat kesesuaian yang dicatat kedalam Permintaan Tindakan Peningkatan. Dari hasil AMI, diharapkan audit ini memberikan masukan yang efektif guna mengetahui kualitas kinerja untuk peningkatan mutu berkelanjutan khususnya pada program studi SIA, ujar Adi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.